Deskripsi Dari Belajar : Pengertian Dan Ciri-cirinya
11 Desember 2019
Tambah Komentar
LENTERA-ILMIAH - Belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungannya. Perubahan yang terjadi mengarah pada suatu hal yang lebih baik dari sebelumnya atau bertambahnya ilmu dan pengetahuan hasil dari proses belajar.
Pengertian Belajar
Belajar merupakan suatu proses yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup. Setiap individu mengalami belajar dari kecil sampai dewasa bahkan hingga tua. Belajar menjadi suatu hal yang penting dalam perkembangan prilaku seseorang untuk menjadi lebih baik. Hasil Tingkah laku seseorang dipengeruhi oleh interaksi dengan lingkungan yang ada disekitar.
Menurut Abu dan Widodo (2013), belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Pendapat lain menurut Muhibbidin (2014) yaitu sebagai tahapan perubahan seluruh tingkah laku individu yang relatif menetap sebagai hasil pengalaman dan interaksi dengan lingkungan yang melibatkan proses kognitif.
Sedangkan menurut Hamdani (2011), belajar merupakan perubahan tingkah laku atau penampilan dengan serangkaian kegiatan. Kegiatan yang dimaksud misalnya seperti membaca, mengamati, mendengarkan, meniru, ataupun aktivitas individu dalam meningkatkan belajarnya. Belajar sebagai kegiatan individu merupakan rangsangan-rangsangan interaksi individu dengan lingkungan.
Belajar pada dasarnya memberikan suatu pengertian yang serupa yaitu seseorang dikatakan belajar apabila terjadi perubahan tingkah laku pada dirinya dari suatu interaksi antara individu dengan lingkungan sebagai hasil latihan dan pengalaman.
Berdasarkan paparan pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa belajar adalah suatu proses interaksi individu dengan lingkungan yang melibatkan proses kognitif guna memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku dan kemampuan individu yang ada pada dirinya.
Belajar ditandai dengan perubahan tingkah laku pada diri seseorang dari hasil interaksi dengan lingkungan. Perubahan yang terjadi pada diri seseorang mengarah pada suatu hal yang lebih baik dari sebelumnya atau bertambahnya ilmu dan pengetahuan hasil dari proses belajar individu tersebut.
Oemar (2014) mengungkapkan bahwa belajar menunjuk ke perubahan dalam tingkah laku si subjek dalam situasi tertentu berkat pengalamannya yang di ulang-ulang dan perubahan tingkah laku tersebut tak dapat dijelaskan atas dasar kecenderungan-kecenderungan respon bawaan, kematangan atau keadaan temporer dari subjek.
Perubahan-perubahan yang dialami individu ditandai dengan beberapa ciri atau karakteristik belajar. Berikut ciri-ciri belajar menurut Hamdani (2011).
Kegiatan belajar dilakukan oleh individu, itu berarti individu yang melakukan aktivitas belajar. Setiap individu tentunya menyadari perubahan yang terjadi pada dirinya seperti pengetahuannya bertambah, kecakapannya bertambah dan kebiasaanya pun bertambah.
Perubahan yang terjadi pada individu berlangsung secara terus-menerus, sehingga keberlangsungan tersebut berguna bagi kehidupan dan proses belajarnya. Perubahan yang terjadi tentunya bersifat positif yang tetunya memperoleh suatu yang lebih bak dari sebelumnya. Perubahan tingkah laku yang terjadi setelah belajar bisa menetap pada diri individu.
Perubahan setelah belajar memiliki suatu tujuan yang ingin dicapai dan terarah pada tingkah laku ynag telah ditetapkannya. Selain itu juga, perubahan tingkah laku individu setelah melalui proses belajar belajar meliputi perubahan keseluruhan tingkah laku baik sikap kebiasaan, keterampilan maupun pengetahuan.
Referensi:
Gambar: Pixabay.com |
Pengertian Belajar
Belajar merupakan suatu proses yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup. Setiap individu mengalami belajar dari kecil sampai dewasa bahkan hingga tua. Belajar menjadi suatu hal yang penting dalam perkembangan prilaku seseorang untuk menjadi lebih baik. Hasil Tingkah laku seseorang dipengeruhi oleh interaksi dengan lingkungan yang ada disekitar.
Menurut Abu dan Widodo (2013), belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Pendapat lain menurut Muhibbidin (2014) yaitu sebagai tahapan perubahan seluruh tingkah laku individu yang relatif menetap sebagai hasil pengalaman dan interaksi dengan lingkungan yang melibatkan proses kognitif.
Sedangkan menurut Hamdani (2011), belajar merupakan perubahan tingkah laku atau penampilan dengan serangkaian kegiatan. Kegiatan yang dimaksud misalnya seperti membaca, mengamati, mendengarkan, meniru, ataupun aktivitas individu dalam meningkatkan belajarnya. Belajar sebagai kegiatan individu merupakan rangsangan-rangsangan interaksi individu dengan lingkungan.
Belajar pada dasarnya memberikan suatu pengertian yang serupa yaitu seseorang dikatakan belajar apabila terjadi perubahan tingkah laku pada dirinya dari suatu interaksi antara individu dengan lingkungan sebagai hasil latihan dan pengalaman.
Berdasarkan paparan pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa belajar adalah suatu proses interaksi individu dengan lingkungan yang melibatkan proses kognitif guna memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku dan kemampuan individu yang ada pada dirinya.
Ciri-ciri Belajar
Belajar ditandai dengan perubahan tingkah laku pada diri seseorang dari hasil interaksi dengan lingkungan. Perubahan yang terjadi pada diri seseorang mengarah pada suatu hal yang lebih baik dari sebelumnya atau bertambahnya ilmu dan pengetahuan hasil dari proses belajar individu tersebut.
Oemar (2014) mengungkapkan bahwa belajar menunjuk ke perubahan dalam tingkah laku si subjek dalam situasi tertentu berkat pengalamannya yang di ulang-ulang dan perubahan tingkah laku tersebut tak dapat dijelaskan atas dasar kecenderungan-kecenderungan respon bawaan, kematangan atau keadaan temporer dari subjek.
Perubahan-perubahan yang dialami individu ditandai dengan beberapa ciri atau karakteristik belajar. Berikut ciri-ciri belajar menurut Hamdani (2011).
- Belajar dilakukan dengan sadar dan mempunyai tujuan. Tujuan ini digunakan sebagai arah kegiatan, sekaligus tolak ukur keberhasilan belajar.
- Belajar merupakan pengalaman sendiri, tidak dapat diwakilkan kepada orang lain.
- Belajar merupakan proses interaksi antara individu dan lingkungan. Hal ini berarti individu harus aktif apabila dihadapkan pada lingkungan tertentu. Keaktifan ini dapat terwujud karena individu memiliki berbagai potensi untuk belajar.
- Belajar mengakibatkan terjadinya perubahan pada diri orang yang belajar.
Kegiatan belajar dilakukan oleh individu, itu berarti individu yang melakukan aktivitas belajar. Setiap individu tentunya menyadari perubahan yang terjadi pada dirinya seperti pengetahuannya bertambah, kecakapannya bertambah dan kebiasaanya pun bertambah.
Perubahan yang terjadi pada individu berlangsung secara terus-menerus, sehingga keberlangsungan tersebut berguna bagi kehidupan dan proses belajarnya. Perubahan yang terjadi tentunya bersifat positif yang tetunya memperoleh suatu yang lebih bak dari sebelumnya. Perubahan tingkah laku yang terjadi setelah belajar bisa menetap pada diri individu.
Perubahan setelah belajar memiliki suatu tujuan yang ingin dicapai dan terarah pada tingkah laku ynag telah ditetapkannya. Selain itu juga, perubahan tingkah laku individu setelah melalui proses belajar belajar meliputi perubahan keseluruhan tingkah laku baik sikap kebiasaan, keterampilan maupun pengetahuan.
Referensi:
- Sulaeman, A., 2017. Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Mengikuti Organisasi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran (HIMA ADP) dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi UNY. Skripsi, hal. 155.
- Abu, A., dan Widodo, S., (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rhineka Cipta.
- Hamdani., (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
- Muhibbidin, S,. (2015). Psikologi Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Oemar, H,. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Belum ada Komentar untuk "Deskripsi Dari Belajar : Pengertian Dan Ciri-cirinya"
Posting Komentar