Prestasi Belajar : Pengertian dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi

LENTERA-ILMIAH - Prestasi belajar merupakan hasil yang dicapai seseorang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pencapaian prestasi belajar dapat dicapai melalui belajar. Semakin giat seseorang belajar maka semakin besar kesempatan untuk memperoleh prestasi belajar. Prestasi belajar juga dipengaruhi oleh faktor-faktor internal dan eksternal. Pengenalan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar berperan penting dalam rangka membantu mahasiswa mencapai prestasi yang sebaik-baiknya.


Pengertian Prestasi Belajar

Prestasi belajar merupakan hasil yang diperoleh individu setelah melakukan proses aktivitas belajar-mengajar dan interaksinya dengan lingkungan. Aktivitas belajar yang dilakukan seseorang yaitu di dalam kelas, sedangkan di luar kelas seperti interaksi dengan lingkungan sekitar seperti teman, keluarga, alam sekitar ataupun keaktifan mahasiswa dalam organisasi yang diminati.

Ilustrasi

Menurut Hamdani (2011), prestasi belajar merupakan tingkat kemanusiaan yang dimiliki siswa dalam menerima, menolak, dan menilai informasi-informasi yang diperoleh dalam proses belajar mengajar. Muhibbin (2014) juga mengemukakan bahwa prestasi adalah penilaian terhadap tingkat keberhasilan siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam sebuah program.

Sedangkan menurut Chaplin (2002), prestasi belajar merupakan hasil belajar yang telah dicapai atau hasil keahlian dalam karya akademis yang dinilai oleh guru/dosen lewat tes-tes yang dilakukan atau melalui kombinasi kedua hal tersebut.

Hasil prestasi belajar mahasiswa selama satu semester dapat diukur melalui nilai dari beberapa mata kuliah yang harus ditempuh selama satu semester tersebut, apabila mahasiswa memperoleh nilai-nilai yang tinggi berarti mahasiswa tersebut memiliki prestasi yang baik.

Berdasarkan beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar merupakan tingkat kemampuan individu dalam menerima, menolak dan menilai suatu informasi tertentu yang diperoleh dari proses belajar-mengajar sebagai hasil pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya. Prestasi belajar dapat diketahui setelah melewati proses evaluasi yang diberikan oleh guru ataupun dosen. Hasil dari evaluasi tersebut dapat diketahui tinggi-rendahnya prestasi yang diperoleh.


Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar

Prestasi belajar banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik berasal dari dalam dirinya maupun dari luar dirinya. Pada dasarnya, prestasi belajar yang dicapai oleh mahasiswa merupakan hasil dari proses interakasinya dengan berbagai faktor. Pengenalan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar berperan penting dalam rangka membantu mahasiswa mencapai prestasi yang sebaik-baiknya.

Menurut Ngalim (2014) faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar atau prestasi belajar yaitu, sebagai berikut:

1.  Faktor Eksternal
     a) Lingkungan:
          -  Alam
          -  Sosial
     b) Instrumental:
          -  Kurikulum/Bahan pelajaran
          -  Guru/Pengajar
          -  Sarana dan Fasilitas
          -  Administrasi/Manajemen

2.  Faktor Internal
     a) Fisiologi:
          -  Kondisi Fisik
          -  Kondisi Panca Indera.
     b) Psikologi
          -  Bakat
          -  Minat
          -  Kecerdasan
          -  Motivasi
          -  Kemampuan Kognitif

Beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa, faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah faktor dari dalam (intern) dan dari luar (ekstern). Kedua faktor tersebut dapat menjadi faktor pendukung ataupun sebaliknya yakni menjadi penghambat dalam pencapaian prestasi belajar. Faktor-faktor yang dikaji yaitu faktor lingkungan dan disiplin belajar. Faktor lingkungan yang dimaksud salah satunya yaitu lingkungan kampus. Lingkungan kampus disini maksudnya adalah komunitas atau keaktifan mahasiswa dalam mengikuti organisasi yang ada di kampus.


Referensi:
  • Hamdani., (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
  • Chaplin, J.P., (2002). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Grafindo Persada.
  • Muhibbidin, S., (2015). Psikologi Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  • Ngalim, P., (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Belum ada Komentar untuk "Prestasi Belajar : Pengertian dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel